Tuesday, September 29, 2015

Penyakit Pernapasan akibat Pencemaran Udara serta Cara Mengatasinya

TIENS Family, beberapa minggu yang lalu Pemerintah Indonesia menetapkan status darurat asap di Provinsi Riau. Pencemaran udara di wilayah ini sudah sejak lama terjadi akibat kebakaran hutan. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di ibu kota Riau, Pekanbaru, menyentuh angka 984, yang berarti sudah menyentuh level berbahaya. Selain di Provinsi Riau, pencemaran udara akibat kebakaran hutan juga terjadi di Kota Pontianak. Sama halnya seperti Provinsi Riau, kualitas udara di wilayah Pontianak sudah tidak sehat sehingga berdampak negatif pada kesehatan masyarakat sekitar.

Beberapa sumber memberitakan bahwa para warga sudah terserang berbagai penyakit akibat kualitas udara yang buruk di dua wilayah tersebut. Penyakit yang berhubungan dengan pernafasan, tenggorokan, dan paru-paru sudah mulai menjangkiti warga. Tercatat bahwa sudah ada ribuan warga di dua wilayah tersebut yang terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA.

Penyakit ISPA adalah penyakit yang menyebabkan fungsi pernapasan menjadi terganggu. Jika tidak segera ditangani, ISPA dapat menyebar ke seluruh sistem pernapasan tubuh. Tubuh tidak bisa mendapatkan cukup oksigen karena infeksi yang terjadi dan kondisi ini bisa berakibat fatal, bahkan mungkin mematikan. Contoh penanganan seperti membagikan masker merupakan salah satu tindakan yang tepat guna menghindari resiko masyarakat terkena ISPA. Namun tindakan ini tidaklah cukup untuk menangani dan menghindari resiko ISPA, karena kondisi seperti ini tetap membutuhkan asupan-asupan yang memperbaiki dan memperkuat fungsi paru-paru.

Salah satu asupan yang memiliki fungsi menyehatkan saluran pernapasan adalah Cordycep sinensis. Cordycep sinensis adalah cendawan yang tumbuh di dataran tinggi, hidup sebagai parasit di dalam kepompong cacing bersayap sisik. Tanaman ini mengandung kira-kira 7% asam cordycep sinensis, 25% protein, 8,4 % lemak, 20 jenis asam amino, serta banyak mengandung vitamin, mineral, ergosterol dan hexosterol. Cordycep sinensis berfungsi sama seperti gingseng, meningkatkan energi, baik untuk paru-paru dan ginjal, serta berkhasiat menghilangkan radang.

Penyakit penyumbatan saluran pernapasan dalam waktu berkepanjangan akibat pencemaran udara, menyebabkan kambuhnya peradangan, sehingga fungsi paru-paru perlahan-lahan menurun, gejala penyakit saluran pencernaan juga bertambah parah dengan perlahan. Kondisi ini juga lah yang menyebabkan menurunya fungsi sistem pernapasan.

Nah disinilah letak keunggulan dari Cordycep sinensis. Cordyceps sinensis dapat meningkatkan fungsi imunitas tubuh, juga berkhaisat untuk melawan berbagai jenis bakteri penyebab penyakit saluran pernapasan, dan pada waktu bersamaan mencegah kanker paru-paru, berkhasiat baik untuk melawan peradangan, secara nyata berfungsi untuk mengembangkan saluran pernapasan bronchi, berfungsi untuk membersihkan saluran napas dan mengurangi peradangan, berkhasiat mengobati asma, sesak napas dan kekurangan pasokan oksigen.

Salah satu suplemen yang mengandung Cordycep sinensis dan sangat direkomendasikan adalah TIENS Muncord. Kandungan Cordycep sinensis pada Muncord merupakan kualitas terbaik. Pada proses pembuatan produk ini, kami memahami bahwa proses dan cara pemeriksaan kualitas yang buruk akan menyebabkan komposisi gizi aktif Cordyceps sinensis hilang, sehingga nilai gizi Cordyceps sinensis menjadi sangat berkurang. Oleh karena itu, proses yang baik menciptakan kualitas produk yang unggul, maka Cordyceps sinensis pada Muncord bekerja secara efektif sehingga bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk penyakit yang menyerang saluran pernapasan seperti ISPA.

Maka kesimpulannya, asupan yang baik untuk kesehatan pernapasan sangat dibutuhkan bagi masyarakat yang terserang ISPA. Sudah banyak masyarakat yang terkena dampak pencemaran udara akibat asap kebakaran hutan. So, jika penanggulangan asap ini tidak kunjung menemukan titik temu yang berujung solusi, maka mau tidak mau kita sendiri yang harus menempuh cara terbaik untuk melindungi diri kita dan keluarga tersayang dari berbagai sumber penyakit. Semoga bermanfaat TIENS Family :)

(Diolah dari berbagai sumber)


No comments:

Post a Comment