Friday, May 22, 2015

Masa Pakai Benda di Sekitar Kita

TIENS Family, ada banyak benda yang kurang kita perhatikan mengenai masa pakainya. Sama halnya seperti makanan, suatu benda juga tidak baik untuk digunakan secara berkelanjutan jika sudah melewati masa kadaluarsa. Salah satunya adalah sikat gigi. Kita seringkali lupa untuk mengganti sikat gigi, terutama karena kita merasa bahwa sikat gigi yang kita gunakan masih layak untuk dipakai. Namun tahukah kamu jika sikat gigi memiliki masa kadaluarsa. Masa pakai sikat gigi adalah 3 bulan atau ketika bulu sikatnya sudah mulai rusak. Jika setelah 3 bulan kamu masih menggunakan sikat gigimu, maka hal ini dapat berakibat gusi terluka bahkan berdarah. Selain sikat gigi, terdapat beberapa benda lain yang berbahaya untuk tetrap digunakan jika sudah melewati masa pakai, apa saja? Yuk kita bahas bersama.

- Sisir
Sisir merupakan benda yang cenderung dihinggapi bakteri. Sisir adalah tempat menumpuknya sel-sel kulit kepala mati yang menempel ketika kita sedang menyisir rambut. Selain itu, sisa produk perawatan rambut yang menempel pada sisir setelah menyisir rambut juga berpotensi menimbulkan bakteri pada sisir. Ganti sisirmu jika sikat pada sisir sudah mulai rusak dan kotor akibat bakteri yang menempel.

- Handuk
Beda halnya dengan sikat gigi atau sisir yang harus diganti jika sudah melewati masa pakai, handuk tidak harus diganti, namun harus dicuci secara bersih. Cuci handuk tiap minggu dalam air bertemperatur 60 derajat celsius. Kita bisa dengan mudah terkena infeksi kulit jika jarang mencuci handuk.

- Matras
Dianjurkan untuk mengganti matras atau ranjang setiap 8-10 tahun. Menurut Sleep Council, matras yang sudah lama dipakai dapat menurunkan kualitas tidur penggunanya. Belum lagi sejenis tungau dan kutu yang berkembang biak di dalamnya bisa memicu gangguan kulit.

Nah udah tau kan benda apa saja yang tidak baik untuk dipakai dalam jangka waktu lama. Maka ada baiknya benda-benda diatas segera kita ganti jika sudah melewati waktu masa pakai. Semoga bermanfaat 

No comments:

Post a Comment