Saturday, May 2, 2015

Bahaya Mengisi Ulang Botol Plastik Bekas Air Mineral


Kita seringkali menggunakan botol plastik bekas air mineral secara berulang-ulang. Tindakan ini sering kita lakukan karena alasan penghematan botol plastik. Namun tahukah kamu, jika tindakan menggunakan kembali botol plastik yang sudah kita pakai adalah tindakan yang salah. Berikut kami jelaskan alasannya:
Banyak botol air minum kemasan yang mencantumkan kode label yang menginformasikan jika botol tersebut tidak dianjurkan untuk diisi ulang, karena botol kemasan tersebut hanya dibuat untuk sekali pakai. Berikut adalah kode dari botol air minum kemasan:
PETE atau PET (polyethylene terephthalate), labelnya berupa angka 1 dalam segitiga dan biasa dipakai untuk botol plastik yang transparan/tembus pandang seperti botol air mineral. Botol-botol dengan bahan ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Jangan dipakai untuk menyimpan air hangat apalagi panas.
Sebenarnya masih banyak kode pada air minum kemasan, namun pada umumnya kode PETE atau PET adalah kode pada air minum kemasan yang banyak beredar di pasaran.
Lalu kenapa botol ini berbahaya jika diisi ulang kembali?
Penelitian dari American Chemistry Council menunjukkan bahwa seiring berjalannya waktu, botol jenis ini akan luruh dan meresap ke dalam minuman ketika di gunakan ulang. Racun yang disebut DEHA ini terbukti dapat menyebabkan masalah di hati, gangguan kelenjar endoktrin, kesulitan memperoleh keturunan, serta dicurigai bisa menyebabkan kanker pada manusia. Karenanya, yang terbaik adalah mendaur ulang botol-botol ini, jangan menggunakannya berulang kali.
Nah setelah mendapatkan informasi diatas, apakah kamu masih mau menggunakan botol air kemasan secara berulang-ulang? Silahkan cek pada botol kemasanmu untuk memastikannya. Demikian info menarik dari kami, tunggu info selanjutnya dan pastinya lebih menarik.

No comments:

Post a Comment