Wednesday, April 1, 2015

5 Cara Membatasi Ketergantungan Gula




TIENS Family, pasti sudah tahu kan jika gula adalah salah satu senyawa yang mampu mengubah makanan/minuman memiliki rasa manis. Rasa manis inilah yang menyebabkan makanan/minuman lebih nikmat untuk disantap. Disamping rasanya yang manis, gula memiliki efek negatif bagi kesehatan, seperti diabetes, hepertensi, bahkan kanker. Nah kali ini kami akan berbagi tips mengenai cara-cara untuk membatasi ketergantungan terhadap gula.



1. Batasi nasi putih dan produk tepung terigu.
Nasi putih dan produk tepung terigu seperti roti, kue dan biskuit termasuk karbohidrat kompleks yang mudah dicerna menjadi gula. Gula darah yg tinggi memicu banjirnya insulin. Namun tingginya kadar insulin ini tidak mampu menekan kadar gula darah, sehingga kadar gula tersimpan di otot dan hati. Inilah yang berdampak negatif bagi kesehatan.

2. Makan sedikit tapi jarang.
Cara ini lebih baik daripada menahan lapar kemudian makan dengan berlebihan disaat jam makan. Makan sedikit-sedikit namun teratur membuat kadar gula dalam tubuh stabil. Kadar gula yg stabil berperan dalam mencegah keinginan mengonsumsi makanan manis.

3. Pilih makanan dalam bentuk aslinya.
Semakin dekat dengan bentuk aslinya, makanan tersebut semakin sedikit mengandung gula yang diproses. Intinya, kurangi makanan olahan.

4. Gunakan bumbu dapur.
Bumbu dapur yang bercita rasa manis seperti pala, kayu manis, cengkeh, berperan besar dalam mengurangi penggunaan gula.

5. Minum air putih yang cukup.
Jika tubuh kita memiliki asupan air yang cukup, keinginan mengonsumsi makanan yang kaya gula dapat ditekan. Sebab rasa lapar biasanya akibat tubuh kekurangan cairan.

5 cara diatas merupakan sebagian cara, karena masih banyak cara lain dalam mengatasi ketergantungan gula. So, tidak ada salahnya untuk dicoba.
Sumber : Majalah Nirmala

No comments:

Post a Comment