Monday, March 30, 2015

Kesalahan Dalam Menyikat Gigi

TIENS Family, jangan anggap enteng mengenai kesehatan gigi. Karena perawatan gigi yang buruk bisa berdampak dengan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Salah satu yang perlu diperhatikan mengenai kesehatan gigi adalah cara dalam menyikat gigi. Banyak orang memiliki cara yang kurang tepat dalam menyikat gigi, apa saja?

1. Menyikat gigi di waktu yang salah.
Sebagian dari kita seringkali menyikat gigi pada saat mandi. Hal ini kita lakukan atas alasan praktis, yakni menyikat gigi sekaligus ketika kita sedang mandi. Namun tahukah kamu, waktu menyikat gigi yang tepat bukan ketika mandi, namun sesudah makan pagi dan sebelum tidur malam. Jika kamu tidak sikat gigi sebelum tidur, maka resiko gigi berlubang akan meningkat akibat kuman yang bersarang semalaman selama kamu tidur. 

Menyikat gigi ketika mandi bukanlah hal yang salah, namun kurang tepat. Sebab biasanya setelah menyikat gigi disaat mandi, kita malas untuk menyikat gigi lagi sebelum tidur.

2. Menggunakan sikat gigi yang salah.
Direkomendasikan agar kamu memilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut. Sebab selain dapat menyelinap di sela-sela gigi, sikat gigi dengan permukaan lembut juga dapat menyikat langit-langit permukaan mulut dan lidah, agar sisa makanan di permukaan tersebut bias dibersihkan. 

Kenapa tidak dianjurkan memilih sikat gigi dengan bulu sikat yang kasar? Karena dapat mengakibatkan gusi tertekan sehingga menyebabkan gusi terluka.

3. Melakukan teknik menyikat yang salah.
Teknik menyikat gigi yang benar bukanlah dengan cara menyikat sekeras mungkin, Karena bukannya bersih, cara ini justru akan membuat permukaan gigi manjadi rusak.

Teknik yang benar yakni menyikat dengan 2 arah (atas dan bawah atau memutar) dengan perlahan dan sempurna. Cara ini dilakukan paling tidak selama 2 menit hingga semua permukaan terusap. 

4. Tidak berkumur.
Banyak diantara kita yang membuang pasta gigi setelah menyikat gigi dengan cara meludah. Padahal tindakan ini kurang tepat, sebab tidak menghilangkan sisa-sisa zat kimia dari pasta gigi tersebut. Oleh karena itu, berkumurlah dengan obat kumur bebas alcohol setelah menyikat gigi, agar sisa-sisa zat kimia pada pasta gigi dapat hilang secara sempurna. Jika tidak dengan obat kumur, berkumur dengan air pun sudah cukup.

5. Tidak menyikat lidah dan gusi.
Seringkali kita hanya menyikat bagian gigi, tanpa menyikat bagian lain seperti lidah, gusi, dan langit-langit mulut. Padahal menyikat semua bagian mulut itu penting guna menghilangkan semua kuman yang menempel pada mulut.

Jika kamu tidak membersihkan lidah, plak akan menumpuk di bagian tersebut. Hal inilah yang menyebabkan bau mulut dan penyakit gusi karena jumlah bakteri yang semakin banyak.Tips yang baik untuk membersihkan lidah adalah dengan menyikat dari arah belakang ke depan, guna mendorong keluar bakteri yang menumpuk.

6. Jarang mengganti sikat gigi.
Yang ngga kalah penting dan perlu diperhatikan, gantilah sikat gigi kamu. Asosiasi Dokter Gigi Amerika/American Dental Association merekomendasikan agar mengganti sikat gigi setiap 3 atau 4 bulan sekali. 

Selain itu, ada hal lain yang mengharuskan kamu untuk mengganti sikat gigi, yakni ketika bulu sikatnya sudah renggang dan ketika sikat gigi tersimpan dalam wadah tertutup selama lebih dari satu hari.

7. Dan yang terakhir, gunakanlah pasta gigi & sikat gigi dari TIENS yang sudah terpercaya.

TIENS Herbal Tooth Paste terbuat dari bahan herbal yang berkhasiat mencegah bau mulut, peradangan mulut, gusi sensitif dan pembusukan gigi. Selain itu, TIENS Herbal Tooth Paste juga meningkatkan kekerasan permukaan gigi.



Setelah tau mengenai beberapa kesalahan ketika menyikat gigi, yuk sama-sama kita praktekan cara menyikat yang baik dan benar ;-)

Semoga bermanfaat.

(Sumber: DetikHealth)

No comments:

Post a Comment