Friday, August 15, 2014

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan

Sering kali masyarakat mendengar mitos-mitos tentang tinggi badan. Ada yang mengkaitkannya dengan hal yang mistis, ada juga yang mengkaitkannya dengan logika melalui pengetahuan ilmu kesehatan. Terlepas dari hal tersebut, mitos-mitos tersebut akan terlihat kebenaran atau ketidakbenarannya ketika ilmu pengetahuan mencoba menjelaskan secara ilmiah. Tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat modern lebih percaya dengan hal-hal yang ilmiah. Tidak menutup kemungkinan bahwa mitos-mitos tentang tinggi badan ideal yang sudah beredar di masyarakat ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah pula. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi badan.




Kesehatan sebagai Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan


Faktor yang pantas untuk dijadikan faktor kedua yang paling berpengaruh setelah faktor genetik adalah kesehatan. Bahkan, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, faktor kesehatan ini bisa mengalahkan faktor genetik. Artinya, walaupun secara genetik seseorang harusnya tinggi, karena kesehatan yang kurang baik bisa jadi orang tersebut mengalami masalah dalam pertumbuhan. Oleh karena itu, kesehatan harus diperhatikan. Mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi merupakan keharusan terutama makanan yang mengandung kalsium tinggi. Salah satu makanan yang mudah didapatkan yang mengandung kalsium tinggi adalah makanan yang mengandung biji-bijian seperti bubur kacang ijo. Dengan asupan makanan yang bergisi maka kita dapat menambah tinggi badan secara alami. Harus diperhatikan bahwa penduduk di negara berkembangan kebanyakan memiliki masalah pada tinggi badan karena mereka kekurangan kalsium. Itu juga yang dialami oleh penduduk negeri ini.

Pola hidup sebagai Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan


Banyak sekali orang yang mengabaikan pentingnya pola hidup yang baik. Masa remaja merupakan masa di mana proses peninggian tubuh paling maksimal. Namun, banyak sekali remaja yang tidak memperhatikan pola hidup mereka sehingga mereka mengalami permasalahan dengan tinggi badan padahal hal ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi badanremaja. Sering begadang, makanan makanan junk food, dan juga sering meminum minuman beralkohol dan soda yang kerap menjadi penghambat pertumbuhan tulang sehingga tinggi badan mereka tidak maksimal. Padahal, remaja merupakan waktu di mana tulang berkembang dan tumbuh sangat cepat.

Genetik sebagai Faktor Mempengaruhi Tinggi Badan


Tidak jarang kita jumpai bukan orang tinggi ternyata memiliki orang tua yang tinggi. Akan tetapi ada juga yang orang tuanya tinggi tapi anak keturunannya pendek. Memang tidak bisa dipastikan tapi kebanyakan jika orang tua tinggi, maka anak keturunannya pun tinggi. Dalam ilmu kesehatan, genetik menjadi faktor yang paling berpengaruh dalam proses tinggi badan. Akan tetapi, faktor ini juga bisa menjadi negatif pengaruhnya jika seseorang tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup atau pola hidup yang salah. Namun, bisa dipastikan bahwa faktor genetik memberikan pengaruh yang sangat signifikan dalam hal meninggikan badan.

Itulah faktor-faktor penting yang secara langsung mempengaruhi tinggi badan seseorang. Faktor-faktor tersebut bisa jadi mementahkan mitos-mitos yang tersebar di masyarakat atau bahkan sebaliknya, yaitu menjelaskan secara ilmiah mengenai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan.


No comments:

Post a Comment