Friday, May 16, 2014

Cara Memilih Kalsium


Tips memilih Kalsium Aman dan Tepat


Suplemen kalsium yang tersedia di pasaran beraneka ragam. Suplemen kalsium dapat dibagi ke dalam kelompok anorganik dan organik. Yang dikatakan kalsium organik adalah kalsium glukonat, kalsium sitrat, SM5, kalsium treonat, dan AA-Ca (amino acid-calcium). Sedangkan kalsium non organik antara lain yaitu kalsium fosfat, CA(HCO3)2, C3S, dan kalsium aktif yang berasal dari kulit kerang atau sejenis kerang. 

Tubuh sangat siap untuk menyerap kalsium dan membangun massa tulang sebelum usia 35 tahun. Namun tetap tidak terlambat untuk meningkatkan asupan kalsium. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa - bahkan pada usia 65 sekalipun jika kita mengonsumsi suplemen kalsium dan makanan tinggi kalsium dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan menurunkan resiko patah tulang dan osteoporosis. 


Sebagian besar kalsium terdapar di dalam tulang dan gigi, untuk menjaga kekuatan dan strukturnya. Selebihnya yang juga pentinf adalah bersirkulasi dalam darah untuk membantu mengantarkan nutrisi ke dalam membran sel dan berperan dalam produksi hormon dan enzim yang mengatur pencernaan dan metabolisme. Kalsium juga diperlukan dalam komunikasi normal antar sel-sel syaraf, untuk pembekuan darah, untuk penyembuhan luka, dan untuk kontraksi otot termasuk otot jantung. 


Jika persediaan kalsium dalam darah kurang, maka tubuh akan mencurinya dari tulang, dan jika terjadi terus menerus dapat menyebabkan tulang keropos dan rapuh. Hanya asupan kalsium yang cukup setiap hari dapat menjaga keseimbangan yang sehat dalam darah dan ekstra cadangan dalam tulang. Kalsium juga dapat menurunkan risiko kanker usus besar dengan cara membatasi efek iritasi dari asam empedu dalam usus. Penelitian lain mengindikasi bahwa pola makan yang cukup kalsium seperti buah dan sayuran dapat menurunkan tekanan darah tinggi seperti obat.



Kalsium AA-Ca adalah bentuk suplemen baru yang diunggulkan memiliki sejumlah kelebihan dibanding kalsium organik lainnya. Kalsium ini memiliki ingkat penyerapan lebih tinggi (bahkan lebih tinggi dibanding kalsium dalam susu), penyerapannya tidak memerlukan Vitamin D seperti kalsium pada umumnya, daya gabung dengan jaringan tulang sangat tinggi sehingga tidak menimbulkan pembentukan batu dalam jaringan, serta tidak menimbulkan gangguan pencernaan seperti kembung, gas atau sembelit. 


Nah sekarang bagaimana caranya kita memilih kalsium yang benar? Klik disini >> Kalsium Terbaik Dunia

No comments:

Post a Comment